Kamis, 28 Juni 2012

Perangkat Keras Dalam Jaringan Komputer


            Ada beberapa perangkat keras yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer seperti komputer, card network dan segala sesuatu yang berhubungan dengan koneksi jaringan yaitu printer, CD/DVD ROM, scanner dan lainnya yang dibutuhkan untuk proses transformasi data di jaringan. Perangkat-perangkat tersebut antara lain: server, workstation, network interface card, router, repeater, hub, dan switch. Berikut ini adalah keterangan dari masing-masing perangkat keras tersebut.
1.      SERVER
            Server merupakan jantungnya dalam jaringan karena pada umumnya server adalah komputer yang sangat cepat, memiliki memori yang besar dan harddisk dengan kapasitas besarserta kartu jaringan yang besar. Dapat dikatakan bahwa server adalah “pusat” dari semua kegiatan dalam suatu jaringan komputer.
            Banyak layanan yang disediakan dalam server yaitu layanan file, layanan print, layanan basis data untuk client, danl ayanan eksekusi program untuk client. Tugas sebuah server adalah mengontrol komunikasi dan informasi di antara node / komponen dalam suatu jaringan.Contoh :mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node ke node yang lain, menerima e-mail pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain.
2.      WORKSTATION
            Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam suatu jaringan disebut workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai kartujaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), dan kabel untuk menghubungkan ke jaringan.Biasanya sebuah workstation tidak terlalu membutuhkan floppy karena data yang ingin disimpan bisa diletakkan di file server.
3.      NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
            NIC  atau kartu jaringan dikenal juga dengan Ethernet card.NIC merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antarkomputer.Untuk komputer lama, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer.Saat ini, kartu jaringan sudah terintegrasi dalam motherboard.
            Kartu jaringan harus ada dalam komputer baik client maupun server agar dapat dijalankan dalam jaringan.Dua fungsi utama kartu jaringan yaitu:
a) Perangkat yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer
b) Perangkat yang menyediakan pengalamatan secara fisik (MAC address).
4.      ROUTER
            Router merupakan pintu gerbang jaringan komputer.Jika suatu jaringan komputer ingin berkomunikasi dengan komunitas jaringan lain maka diperlukan sebuah router.  Router berperan penting karena router memiliki kemampuan untuk diberi alamat yang disebut dengan IP address.Karena memiliki kelebihan ini maka IP address router yang dicari terlebih dahulu oleh router lain dalam pengiriman data.
Pada dasarnya, fungsi router adalah sebagai berikut:
a) Mengatur jalur sinyal secara efisien.
b) Mengatur pesan di antara dua buah protokol.
c) Mengatur pesan di antara topologi jaringan linear bus dan star.
d) Mengatur pesan yang melewati kabel fiber optic, kabel koaksial, atau twisted pair.
5.      REPEATER
            Repeater pada dasarnya merupakan alat yang sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya. Duas ubjaringan yang dihubungkan oleh perangkat ini memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan. Repeater juga  berfungsi untuk memperbesar batasan panjang satu segmen.
6.      HUB
            Hub adalah perangkat yang menerima beberapa hubungan dari topologi jaringan yang dibuat.Hub standar mempunyai fungsi utama hanya untuk menyambung kabel-kabel antarkomputerdan menguatkan sinyal-sinyal data yang melaluinya.Jika ada dua komputer yang mengirimkan data dalam waktu yang bersamaan maka dapat terjadi collision atau tabrakan data.Untuk menghindarinya, dibuatlah aturan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection), yaitu aturan yang memastikan media lalu lintas data berjalan lancar untuk satu komputer dalam satu waktu.Namun ketika jumlah komputer semakin banyak maka aturan tersebut tidak berlaku maka dapat menggunakan perangkat switch.
7.      SWITCH
            Sering disebut dengan multiport bridge dan terdiri dari beberapa port Ethernet. Agar komputer dapat saling berkomunikasi, switch membentuk jalurkhusus tidak nyata (virtual circuit).Kemampuan switch membentuk virtual circuit karena switch berkemampuan untuk mengenal, menganalisis, dan menyimpan MAC address dari setiap kartu jaringan yang terhubung ke switch.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar