Jumat, 29 Juni 2012

Internet Service Provider


            ISP (Internet Service Provider) atau penyedia jasa layanan internet merupakan suatu badan usaha yang memberikan layanan untuk terhubung ke internet baik milik pemerintah maupun swasta.
            Ada 2 sifat ISP yaitu:
-          ISP yang bersifat tertutup, adalah ISP yang hanya melayani jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah, perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset dan lembaga pendidikan.
-          ISP yang bersifat umum, adalah ISP yang memberikan layanan jaringan internet untuk masyarakat luas, baik pribadi maupun kelompok. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contoh: WasantaraNet, LinkNet, D-Net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet.
            Ada dua tipe layanan internet dari ISP yaitu:
1.      Dial-up Connection
            Merupakan koneksi ke internet yang bersifat sementara dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan hanya dikenakan biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Untuk melakukan dial-up connection yang dibutuhkan adalah komputer/PC, modem, saluran telepon dan software yang disediakan ISP. Jenis koneksi ini umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan mengakses internet dari rumah dan umumnya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal. Contoh :Telkomnet instant dari Telkom juga beberapa layanan dari ISP wireless lokal.
2.      Dedicated Connection
            Merupakan koneksi yang bersifat menetap artinya, terhubung ke internet selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan jumlah komputer dan karyawan banyak. Untuk menekan biaya telekomunikasi, maka perusahaan tersebut membuat sebuah LAN dan menghubungkan LAN ke internet melalui suatu ISP dengan menggunakan hanya 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam. Karena system ini mahal, biasanya ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya memberikan batasan jumlah yang boleh diupload atau didownload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut quota.Contoh : layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, dan Speedy dari Telkom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar