Sabtu, 30 Juni 2012

Folder Sharing


Dalam sebuah jaringan dimungkinkannya saling bertukar atau berbagi informasi dan data antara komputer yang satu dengan komputer yang lain yang dinamakan sharing.
Langkah – langkah pembuatan sebuah folder sharing :
-          Klik kanan pada desktop, pilih New Folder.
-          Klik kanan pada folder yang baru dibuat kemudian pilih Properties.
-          Muncul kotakjendela, pilih tab Sharing.
-          Klik link ‘If  you understand the security risks but want to share files without running the wizard, click here’.
-          Muncul kotak jendela ‘Enable File Sharing’, pilih ‘Just Enable File Sharing’ OK.
-          Lalu muncul tulisan ‘Share this folder on the network’.
-          Beri tanda centang pada kotak kecil yang terdapat di samping tulisan tersebut.
-          Akan muncul kotak dengan judul ‘Share Name’, yang berisi nama folder yang ingin disharing. Untuk ‘Allow network users to change my files’, jika diberi centang maka pengguna lain dapat merubah atau menghapus isi dari file tersebut, jika tidak diberi centang maka sebaliknya.
-          Pilih Apply OK, maka akan muncul sebuah folder dengan adanya gambar tangan yang menunjukkan bahwa  folder tersebut sudah disharing dan dapat diakses oleh pengguna lain.
Untuk mengakses file sharing, pada ikon My Computer klik kanan Explorer. Lalu pada address bar ketikkan\\ ip komputer yang ingin diakses.

Pemetaan Folder Sharing/Mapping Folder Sharing
Merupakan cara agar pengguna lain dapat melihat file sharing yang kita buat melalui komputernya dalam 1 jaringan yang sama.
Langkah – langkahnya :
-          Pilih ikon My Computer, klik kanan dan pilih Map Network Drive.
-          Sehingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Pada kolom Drive, dapat kita pilih drive bebas dari A hingga Z.  Pada kolom Folder, ketikkan\\ip address komputer yang hendak diakses\share name file tersebut. Contoh : \\192.168.20.10\latihan
-          Klik Finish sehingga muncul jendela explorer yang berisikan file sharing yang kita buat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar